Menu Close

Alami Tanda-Tanda Tenggorokan Berdahak, Apa Penyebabnya?

Tenggorokan berdahak sangat umum dialami oleh siapa saja. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika seseorang sedang menderita penyakit flu, pilek, atau batuk.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan penumpukan dahak di tenggorokan. Anda perlu mengetahui apa faktor pemicunya untuk bisa menentukan metode pengobatan yang paling tepat. 

mengeluarkan dahak di tenggorokan tapi tidak batuk

Faktor penyebab tenggorokan berdahak

Penyebab penumpukan dahak di tenggorokan cukup umum. Faktor-faktor tersebut meliputi:

  • Faktor lingkungan

Percaya atau tidak, lingkungan tempat tinggal Anda bisa mempengaruhi kondisi kesehatan Anda, termasuk kesehatan tenggorokan. Seringkali, seseorang mengalami penumpukan dahak di tenggorokan karena lingkungan tempat tinggalnya kurang sehat.

Misalnya, saat Anda menghabiskan waktu cukup lama di dalam ruangan yang kering, maka Anda lebih rentan mengalami batuk dan dahak di tenggorokan. Ruangan kering ini biasanya disebabkan oleh udara yang terlalu panas atau terlalu lama menggunakan pendingin ruangan. 

  • Dehidrasi

Faktor umum lainnya yang membuat seseorang berdahak adalah dehidrasi. Dehidrasi bisa terjadi saat tubuh Anda kekurangan cairan. 

Jadi, jika Anda kurang minum air mineral dalam jumlah yang cukup, maka Anda rentan mengalami tenggorokan berdahak

Selain itu, mengonsumsi minuman yang bisa memicu dehidrasi juga akan mendorong munculnya kondisi ini. Contoh minuman tersebut seperti kopi, teh, minuman bersoda, atau alkohol.

  • Alergi

Dalam beberapa kasus, penumpukan dahak di tenggorokan bisa juga disebabkan oleh reaksi alergi. Mungkin saja, Anda terpapar oleh alergen secara tidak sengaja, membuat Anda mengalami penumpukan dahak.

Tenggorokan Anda pada dasarnya terhubung dengan saluran pernapasan lainnya. Reaksi alergi yang terjadi di saluran pernapasan, termasuk mengenai tenggorokan Anda, biasanya disebabkan oleh pemicu alergi yang bisa ditemukan di udara. Contohnya seperti debu, tungau, atau serbuk sari.

  • Asam lambung naik

Dalam istilah medis, kondisi asam lambung yang naik ke tenggorokan dikenal juga dengan sebutan acid reflux. Kondisi ini terjadi saat asam yang ada di lambung Anda bergerak naik. 

Saat kadar asam sampai ke tenggorokan Anda, tenggorokan bisa mengalami iritasi. Ini juga akan memicu adanya hambatan di saluran pernapasan Anda.

Ketika kondisi ini terjadi, tidak jarang penderita juga berisiko mengalami tenggorokan berdahak. 

  • Gaya hidup

Gaya hidup Anda secara keseluruhan akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Gaya hidup yang buruk akan menurunkan kualitas kesehatan tubuh, dan membuat Anda lebih rentan mengalami penumpukan dahak di tenggorokan.

Misalnya, bila Anda suka mengonsumsi alkohol dan memiliki kebiasaan merokok, Anda akan lebih mudah menderita kondisi tersebut.

Selain itu, beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu dan sering mengonsumsi obat-obatan juga lebih berisiko mengalami penumpukan dahak.

  • Infeksi bakteri dan virus

Penyebab tenggorokan berdahak lainnya adalah infeksi bakteri dan virus. Infeksi ini bisa berupa flu, bronkitis akut, atau pneumonia.

Infeksi bakteri dan virus di saluran pernapasan bisa menyebabkan produksi lendir yang berlebih dibandingkan dengan situasi normal. Inilah yang memicu Anda menjadi batuk dan berdahak. 

Anda bisa dengan mudah mengenali lendir atau dahak yang muncul akibat infeksi bakteri atau virus. Dahak sejenis ini biasanya berwarna kuning atau kehijauan.

Masih ada beberapa kemungkinan lain yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penumpukan dahak di tenggorokan. Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

Dengan mengetahui penyebab tenggorokan berdahak, Anda dapat lebih bijak dalam menentukan upaya pengobatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *