Menu Close

Amankah Betadine Vaginal Douche untuk Membersihkan Miss V?

Betadine Vaginal Douche merupakan cairan pembersih vagina dengan kandungan povidone iodine 10%. Namun, dokter tidak menyarankan wanita untuk melakukan douching terlalu sering. Membersihkan dengan cara tersebut dapat menyebabkan iritasi dan masalah lainnya. 

Simak artikel berikut untuk mengetahui cara penggunaan Betadine Vaginal Douche dengan benar dan risiko efek samping yang dapat terjadi. 

Komposisi dan manfaat produk

Betadine Vaginal Douche mengandung zat aktif povidone iodine 10%. Povidone iodine merupakan cairan antiseptik yang berfungsi sebagai desinfektan dan mencegah berbagai masalah kulit. 

Ketika digunakan untuk membersihkan area miss v, Povidon iodine berfungsi meringankan gejala iritasi atau peradangan vagina (vaginits) termasuk keputihan tidak normal dan gatal akibat infeksi bakteri atau jamur. Cairan antiseptik ini juga dapat meringankan nyeri atau rasa tidak nyaman pada vagina. 

Masalah seperti vagina berbau tak sedap juga bisa diatasi dengan Betadine Vaginal Douche. Selain itu, povidone iodine juga dapat digunakan untuk disinfeksi vagina sebelum operasi. Membersihkan vagina dengan cairan antiseptik sangat penting untuk mencegah perkembangan bakteri dan jamur sekaligus menghindari infeksi pasca operasi. 

Amankah douching dengan Betadine Vaginal Douche

Metode douching adalah mencuci dan membersihkan vagina dengan air atau campuran air seperti soda kue, yodium, atau antiseptik. Cara melakukan douching adalah dengan menyemprotkan cairan secara langsung ke vagina dan membiarkan air kembali mengalir dari area tersebut. 

Di awal kemunculannya, douching menjadi sebuah tren kebersihan yang dianggap penting untuk diikuti. Penelitian menemukan bahwa wanita kalangan remaja (berusia antara 15 tahun) dan wanita dewasa berusia antara 44 tahun melakukan douching secara teratur. 

Namun banyak dokter dan organisasi kesehatan seperti The American College of Obstetrics and Gynecology tidak merekomendasikan wanita menggunakan produk douching terlalu sering. Douching dapat mengacaukan keseimbangan bakteri dan pH vagina yang sehat. Selain itu, beberapa produk douching juga dapat membuat vagina iritasi.  

Lalu bagaimana dengan Betadine Vaginal Douche yang mengandung antiseptik? Douching dengan Betadine Vaginal Douche aman jika digunakan sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada label kemasan atau sesuai anjuran dokter. Jangan gunakan produk ini terlalu sering karena povidone iodine dapat menyebabkan efek samping. 

Betadine Vaginal Douche bisa digunakan pada wanita setelah berkonsultasi dengan dokter. Penggunaan douching tidak dianjurkan bagi mereka dengan kondisi di bawah ini:

  • Ibu hamil dan menyusui
  • Wanita yang alergi terhadap komponen dalam obat
  • Wanita yang memiliki kelenjar tiroid terlalu aktif (hipotiroidisme) atau penyakit tiroid lain
  • Wanita yang sedang menjalani terapi lithium
  • Wanita yang hendak atau telah mendapatkan perawatan medis dengan yodium radioaktif 

Dosis dan aturan pakai

Untuk meringankan gejala infeksi, Betadine Vaginal Douche bisa digunakan setiap malam termasuk saat menstruasi selama 2 minggu berturut-turut. Dosisnya adalah mengisi cairan antiseptik pada botol yang telah disediakan hingga batas B. 

Sedangkan jika Anda hanya ingin membersihkan vagina, gunakan cairan ini 2 kali seminggu termasuk saat haid dengan dosis hingga batas A. Setelah mengisi cairan sampai batas yang dianjurkan, tambahkan air hangat sampai batas C lalu kocok hingga tercampur rata. 

Risiko dan efek samping

Douching terutama dengan cairan antiseptik povidone iodine dapat menyebabkan rasa gatal, kemerahan, dan iritasi pada dinding vagina. Segera hentikan pemakaian jika efek samping berlanjut atau semakin parah. Betadine Vaginal Douche memiliki sifat antiseptik sehingga dapat mengurangi gejala dan permasalahan di area miss v, khususnya keputihan berlebih dan berbau tak sedap. Namun pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Melakukan douching secara teratur dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *