Menu Close

Rekomendasi Game Balita Cerdas untuk Dimainkan di Rumah

Rekomendasi Game Balita Cerdas untuk Dimainkan di Rumah

Masa pandemi membuat Anda tidak bisa membawa balita keluar rumah dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Hal ini tidak hanya membosankan, tetapi cukup melelahkan si kecil yang hanya menjalani rutinitas di dalam rumah. Oleh karena itu, Anda harus bisa menghadirkan game balita cerdas melalui permainan berikut ini.

Pilihan games balita cerdas untuk hiburan di rumah

1. Tebak gambar

Anda dapat mengajak anak bermain tebak gambar bersama. Siapkan kertas dan pensil untuk bermain. Kemudian, masing-masing, baik orangtua maupun anak akan menggambar sesuai dengan topik yang telah dipilih, misalkan hewan atau nama benda. Kemudian, keduanya bertugas untuk menebak gambar tersebut. Permainan tebak gambar tidak hanya seru, tetapi juga melatih kreatifitas, imajinasi dan mengasah motorik kasarnya.

2. Main susun balok

Anda dapat bermain susun balok di dalam rumah. Gunakan balok puzzle, bantal, botol, atau jika ingin sesuatu yang lebih sulit cobalah susun menggunakan kartu remi. Buatlah menjadi sebuah bangunan, seperti menara. Ajak anak terlibat dalam permainan ini. Susun balok sangat baik untuk membantunya menjadi lebih hat-hati, fokus, kreatif dan sabar. Permainan ini dapat melatih emosinya menjadi lebih stabil, sehingga mampu mengontrol diri agar bangunan yang mereka buat tidak hancur.

3. Sulap koin

Saatnya bermain sulap dengan anak. Cukup letakkan koin di bawah salah satu dari tiga cangkir dan acak cangkirnya. Kemudian minta anak Anda menebak cangkir mana yang memiliki koin di dalamnya. Latihan ini sangat baik untuk mengasah kecerdasan kognitifnya. Mereka harus dengan lihai melihat mana cangkir yang berisi koin tersebut. 

Selain itu, Anda juga dapat membuat sebuah permainan sulap supaya lebih seru. Anda dapat menempatkan cangkir di dekat tepi meja dan diam-diam menjatuhkan koin. Kemudian ambil koin tersebut dan memunculkan kembali di belakang kepalanya. Mereka akan terkejut ketika koin tersebut hilang dan menemukan koin tersebut ada di belakang kepalanya.

4. Teka-teki silang

Latih kreativitas, kognitif, dan pemecahan masalah dengan bermain teka-teki. Anda membuat rangkaian kata yang tersusun secara acak. Kemudian ajak anak untuk menemukan kata tersembunyi yang ada di dalam kotak-kotak tersebut. Pastikan mereka mendapatkan semua kata yang diminta. Permainan ini sangat baik dan membantunya mengenal lebih banyak kata dalam permainan yang menyenangkan.

5. Mainkan musik dan berhenti

Pilih beberapa lagu favorit anak-anak dan keraskan volumenya. Minta mereka menari sampai musik berhenti. Ketika musik berhenti, mereka harus terdiam dalam posisi apapun yang mereka temukan – bahkan jika satu kaki mereka terangkat. Untuk membuat permainan lebih menantang, mintalah anak-anak untuk berdiam dalam pose tertentu, seperti binatang, bentuk, huruf, atau bahkan postur yoga. Game balita cerdas ini sangat menyenangkan dan membuatnya lebih kreatif dan imajinatif. 

6. Permainan sandiwara

Permainan dalam ruangan ini sangat ideal untuk kelompok yang lebih besar, sehingga Anda dapat mengajak seluruh keluarga untuk ikut. Bagilah anak-anak menjadi beberapa kelompok. Berikan setiap kelompok sebuah tas berisi alat peraga, seperti sendok, perhiasan mainan, kaus kaki, bola atau pita. Kemudian beri mereka waktu 15 menit untuk membuat sandiwara menggunakan alat peraga tersebut. Game ini sangat menyenangkan, melatih imajinatif, berpikir cepat dan tidak akan membosankan.

7. Berjalan dengan satu kaki

Salah satu game balita cerdas untuk dimainkan adalah berjalan dengan satu kaki. Anda hanya membutuhkan selotip, dan membuat garis lurus. Nyalakan musik, dan satu per satu anak-anak dapat mengambil giliran berjalan menggunakan satu kaki di atas garis tersebut.. Buat permainan lebih menantang dengan meminta anak-anak berjalan mundur atau menyeimbangkan dengan satu kaki di garis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *