Menu Close

Manfaat dan Cara Menggunakan Highlighter Makeup yang Tepat

Dalam merias wajah, highlighter makeup sering digunakan dalam aktivitas tersebut. Ternyata penggunaan benda ini mempunyai banyak manfaat yang perlu Anda tahu.

Apa saja manfaatnya? Yuk, tanpa berlama-lama mari kita simak!

Mencerahkan Wajah dan Menonjolkan Tulang Pipi

Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan adalah wajah Anda terlihat cerah terutama pada bagian yang terkena cahaya seperti tulang pipi, batang hidung, atau dahi. Selain itu, penggunaan highlighter ini akan dapat menonjolkan tulang pipi.

Sebagai Eyeshadow

Jika Anda  memiliki highlighter stick yang teksturnya creamy, Anda bisa memakainya sebagai eyeshadow. Hal ini akan berdampak pada mata yang terlihat tampak besar dan cerah.

Selain itu, Anda bisa memakai highlighter untuk membuat eyeshadow tahan lama. Caranya, dengan menepuk highlighter pada bagian tengah kelopak mata. Selain menjadi lebih tahan lama, highlighter akan membuat eyeshadow memiliki efek shimmery.

Menyamarkan Mata Panda 

Anda yang bisa begadang tentu akan mendapati diri memiliki mata berbentuk panda. Hal tersebut akan mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri.

Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab highlighter makeup mempunyai fungsi bisa menyamarkan kondisi tersebut.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan highlighter tanpa glitter di area bawah mata (waterline) sesudah memulaskan foundation dan concealer. Mulailah dari sudut mata hingga ujung mata.

Membuat Efek Hidung Mancung

Bagi Anda yang memiliki hidung pesek tidak perlu bersedih sebab highlighter juga mempunyai fungsi menimbulkan efek hidung mancung.

Caranya dengan menggunakan teknik mengontur hidung, yaitu sapukan dalam bentuk T pada bagian di antara alis dan sepanjang tulang hidung.

Selanjutnya, ratakan dengan kuas atau  hanya dengan jari. Aplikasikan highlighter sesudah mengaplikasikan foundation dan bedak.

Yang perlu kamu tahu, semakin tipis garis highlighter yang kamu buat,  hidung akan terlihat semakin ramping dan mancung.

Memberi Efek Tebal pada Bibir

Tentunya Anda ingin juga mempunyai bibir tebal supaya terlihat menawan. Biasanya kebanyakan orang akan melakukan filler yang tentu saja mahal dan menimbulkan efek samping.

Akan tetapi hanya dengan highlighter Anda bisa memilikinya. Caranya cukup gunakan pada area cupid bow atau lengkungan pada bibir atas, dan bisa juga pada bagian tengah bibir setelah memakai lipstik.

Cukup pulas tipis-tipis saja untuk hasil yang maksimal sehingga memudahkan sinar matahari memantulkan cahaya untuk memberi kesan tebal pada bibir.

Menegaskan Lengkung Alis

Selain untuk mata, hidung dan bibir, highlighter juga untuk menegaskan lengkung alis dan membuatnya tampak lebih rapi.

Untuk mendapatkan alis yang tebal dan rapi, Anda bisa memulas  highlighter di bawah tulang alis kemudian baurkan di sekitar alis (bagian atas dan bawah alis) supaya bentuk alis lebih menonjol.

Cara Menggunakan Highlighter yang Tepat

Agar highlighter yang Anda aplikasikan dapat memberikan efek berkilau yang sempurna, tentunya Anda harus menghindari kesalahan-kesalahan yang umum digunakan saat memulas wajah dengan highlighter.

Kesalahan-kesalahan itu adalah:

  • Tidak memilih highlighter dengan warna yang tepat
  • Menggunakan highlighter terlalu tebal
  • Memulaskan pada seluruh wajah

Supaya kesalahan itu tidak Anda lakukan kembali, berikut cara memakai yang benar dan tepat.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Ini hal pertama yang perlu Anda perhatikan. Memakai highlighter wajah harus sesuai dengan jenis kulit.

Apabila kulit Anda berminyak, gunakanlah highlighter bubuk yang bisa mengurangi kulit tampak berminyak pada wajah.

Untuk kulit normal cenderung kering, sebaiknya pakai highlighter berbentuk krim, cair, dan stik karena mudah dioleskan, menyamakan tekstur kulit, dan bisa membuat wajah terlihat sehat dan segar.

Cukup Gunakan di Area Tertentu

Anda cukup gunakan saja highlighter di area tertentu untuk mendapatkan efek berkilau yang tidak berlebihan.

Sapukan saja pada area penting seperti dahi, tulang alis, sudut dalam mata, sepanjang batang dan puncak hidung, bagian atas tulang pipi, dagu serta cupid bow di atas bibir.

Gunakan Aplikator dengan benar

Keberhasilan Anda menggunakan highlighter juga dipengaruhi oleh penggunaan aplikator. Jika highlighter dalam bentuk cair dan krim, pakailah jari atau spons.

Sedangkan jika berbentuk bubuk, gunakanlah powder brush atau fan brush. Anda pun bisa menggunakan small blending brush atau small tapered brush untuk pemakaian di brow Bone, cupid bow, tulang hidung, dan puncak hidung.

Sapukan Seperlunya

Terakhir adalah jangan gunakan highlighter makeup secara berlebihan karena itu akan malah merusak penampilan. Jadi, gunakan seperlunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *