Menu Close

Mengenal Obat Decadryl, Antihistamin untuk Batuk Berdahak

decadryl

Apakah Anda atau anak Anda mengalami batuk berdahak? Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya alergi. Batuk berdahak yang disebabkan oleh reaksi alergi bisa disembuhkan dengan efektif menggunakan obat Decadryl

Obat yang satu ini secara khusus mengandung antihistamin, yaitu kandungan yang ditujukan untuk menekan reaksi alergi. Dengan begitu, batuk berdahak yang disebabkan oleh alergi Anda pun dapat dikurangi. 

Obat Decadryl sebagai antihistamin

Antihistamin pada dasarnya merupakan jenis kandungan obat yang meredakan reaksi alergi, flu, serta demam. Reaksi alergi yang diatasi oleh antihistamin bermacam-macam, salah satunya batuk berdahak.

Obat antihistamin bisa hadir dalam bentuk tablet maupun sirup. Dosisnya pun akan berbeda-beda, tergantung kondisi yang ingin diatasi serta kesehatan penggunanya. Biasanya, antihistamin yang diresepkan oleh dokter akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Kandungan antihistamin pada obat Decadryl berasal dari kandungan diprenhidramin HCl. Karena merupakan obat antihistamin, obat ini hanya cocok untuk mengobati batuk berdahak  yang disebabkan oleh alergi, bukan karena faktor penyebab lainnya. 

Kandungan lain selain antihistamin

Obat ini tidak hanya mengandung diprenhidramin HCl sebagai antihistamin. Ada kandungan lain yang terdapat dalam obat ini, yang membuat obat juga memiliki efek lain. 

Kandungan itu adalah amonium klorida. Amonium klorida merupakan ekspektoran. Fungsinya untuk mengencerkan dahak.

Nantinya, dahak yang sudah diencerkan tersebut bisa keluar bersamaan dengan batuk Anda. Ini akan meredakan penumpukan lendir dahak di tenggorokan Anda, meringankan gejala batuk berdahak yang Anda alami. 

Kandungan amonium klorida yang ada di dalam obat ini sebanyak 131,5 ml. Sementara, kandungan diprenhidramin HCl ada sebanyak 13,5 mg. 

Memaksimalkan pengobatan dengan perawatan mandiri

Perlu diketahui, obat Decadryl memang bisa meringankan batuk berdahak yang Anda alami karena reaksi alergi. Akan tetapi, Anda mungkin tidak bisa mengandalkan obat saja.

Anda pun tetap perlu menjalani perawatan mandiri di rumah. Gunanya untuk memaksimalkan proses penyembuhan.

Untuk melakukan perawatan secara mandiri, berikut ini hal-hal yang bisa coba Anda lakukan di rumah:

  • Konsumsi madu

Sudah banyak orang yang menggunakan madu untuk menyembuhkan batuk. Madu memang sangat efektif untuk mengatasi batuk yang berdahak dan bisa menjadi upaya pengobatan alami.

Madu akan memberikan lapisan pada tenggorokan Anda. Lapisan ini membuat iritasi pada tenggorokan menjadi lebih minimal, sehingga batuk Anda pun akan berkurang. Madu dianggap sebagai obat alami yang memberikan efek menenangkan untuk penderita batuk.

  • Obat pereda nyeri

Seringkali, batuk berdahak disertai juga dengan gejala lain yang menganggu, seperti hidung tersumbat atau sakit kepala. Bahkan, ada juga yang mengalami gejala tambahan berupa demam.

Bila hal ini terjadi, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan obat pereda nyeri. Obat ini dapat meringankan gejala lain.

Akan tetapi, lebih baik konsultasikan dulu hal ini dengan dokter atau apoteker sebelum membeli. Karena, tidak semua obat pereda nyeri bisa dikombinasikan dengan obat batuk lain.

Jangan remehkan batuk berdahak yang Anda alami. Konsultasikan pada dokter apabila batuk tak kunjung membaik, bahkan setelah Anda menggunakan obat sekalipun.

Setelah mengonsumsi obat Decadryl, Anda mungkin akan merasakan mual serta mengantuk. Ini adalah efek samping yang wajar dan cenderung ringan, serta bisa membaik dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan efek samping ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *