Menu Close

Penurun Deman untuk Dewasa, Coba Biogesic Tablet!

Demam merupakan salah satu kondisi di mana suhu tubuh meningkat hingga lebih dari 38 derajat celsius. Demam yang terjadi pada tubuh seseorang bisa menjadi sebuah tanda adanya penyakit atau suatu kondisi lain, seperti virus atau bakteri yang menginfeksi tubuh. 

Jika tubuh Anda sedang memgalami demam atau nyeri ringan, bisa menggunakan Biogesic Tablet. Obat ini dipercaya dapat mengatasi sakit kepala, nyeri hingga demam. Mau tahu lebih jelas tentang obat ini? Berikut ulasannya! 

Apa itu Biogesic Tablet?

Biogesic tablet adalah obat dengan kandungan 500 mg paracetamol yang dapat meredakan beberapa kondisi atau gejala penyakit. Meliputi:

  • Sakit kepala 
  • Nyeri akibat sakit gigi
  • Demam
  • Nyeri akibat menstruasi
  • Nyeri otot

Biogesic termasuk obat yang dapat dikonsumsi baik sebelum makan atau sesudah makan. Obat ini pun dapat digunakan tanpa resep dokter atau membeli langsung di apotek-apotek terdekat. 

Kandungan yang terdapat pada obat ini adalah paraetamol 500 mg yang ditujukan oleh orang dewasa. Namun, Biogesic pun menyediakan Biogesic anak dengan kandungan paracetamol yang lebih rendah dan pastinya aman untuk digunakan. 

Paracetamol dalam kandungan Biogesic

Paracetamol (acetaminophen) adalah peereda nyeri dan penurun demam. Paracetamol dalam Biogesic ini digunakan untuk mengobati berbagai kondisi seperti sakit kepala, nyeri otot, radang sendir, sakit gigi, pilek hingga demam. 

Ini akan menguarangi rasa sakit pada radang sendi ringan tetapi tidak berpengaruh pada peradangan dan pembengkakan sendi yang mendasarinya. 

Sebelum menggunakan paracetamol

Jangan gunakan obat ini jika Anda alergi terhadap asetaminofen atau paracetamol. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda, apakah aman untuk mengonsumsi paracetamol jika memiliki:

  • Penyakit hati 
  • Riwayat alkoholisme

Tidak diketahui apakah paracetamol akan membahayakan bayi yang belum lahir. Sebelum menggunakannya, beri tahu dokter jika Anda sedang hamil. Obat ini dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi yang menyusui. Jangan menggunakan paracetamol tanpa memberi tahu dokter Anda jika sedang menyusui. 

Apa yang harus dihindari?

Jangan gunakan obat batuk, pilek, alergi, atau nyeri yang dijual bebas tanpa terlebih dahulu meminta dokter atau apoteker Anda. 

Paracetamol terkandung dalam banyak obat kombinasi. Jika Anda menggunakan produk tertentu secara bersamaan, Anda mungkin secara tidak sengaja menggunakan terlalu banyak paracetamol. 

Jangan lupa untuk selalu baca kemasan obat terlebih dahulu, apakah mengandung paracetamol, asetaminofen atau APAP. Hindari juga mengonsumsi alkohol aat minum obat ini. Alkohol dapat meningkatkan risiko kerusakan hati saat mengonsumsi paracetamol. 

Efek samping paracetamol

Hampir sama dengan obat pada umumnya, yang mungkin saja dapat menimbulkan efek samping yang berbeda pada orang tertentu. 

Segera dapatkan bantuan medis jika Anda memiliki tanda-tanda reaks alergi terhadap paracetamol berikut ini:

  • Gatal-gatal 
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah dan tenggorokan

Berhenti gunakan paracetamol dan segera hubungi dokter segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, seperti:

  • Demam rendah dengan mual, sakit perut, dan kehilangan napsu makan
  • Urin gelap, tinja berwarna tanah liat
  • Penyakit kuning (menguning kulit atau mata)

Jadi, pada dasarnya Biogesic adalah obat dengan kandungan paracetamol yang aman untuk orang dewasa, jika digunakan sesuai aturan pakai dan petunjuk dokter. Obat ini dapat mengatasi rasa nyeri yang terjadi akibat sakit gigi, sakit kepala, artritis, meredakan demam, dismenore, nyeri saat haid, hingga gangguan musculoskeletal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *