Menu Close

Selain Minyak Canola untuk MPASI, Berikut Daftar Lemak Tambahan Lain yang Bisa Diberikan pada Bayi

Tahukah Anda bahwa dalam 1000 hari kehidupan si kecil, mereka sangat membutuhkan lemak tambahan untuk perkembangan otak dan menambah berat badannya. Salah satunya adalah menggunakan minyak canola untuk MPASI.

Minyak canola merupakan minyak nabati dari biji kanola. Di dalam minyak ini ada kandungan lemak tak jenuh, berguna untuk tumbuh kembang anak.

Selain lemak tak jenuh, ada pula kandungan asam lemak linoleat dan linolenat. Itulah kenapa menggunakan minyak canola untuk MPASI cukup dianjurkan agar kebutuhan bayi terpenuhi.

Minyak canola untuk MPASI kaya akan lemak sehat

Daftar Lemak Tambahan untuk MPASI Bayi yang Bisa Digunakan

Berikut beberapa daftar lemak tambahan selain minyak canola, yang bisa Anda gunakan dalam pembuatan MPASI untuk si Kecil agar kebutuhannya tercukupi.

  1. Minyak canola

Menambahkan minyak canola untuk MPASI sangat bagus karena tinggi kandungan omeganya. Tentu ada banyak sekali manfaat menambahkan minyak canola dalam MPASI seperti:

  • Akan mendukung perkembangan otak dan sistem saraf bayi
  • Membantu agar tubuh Si Kecil mendapatkan asam lemak penting, berupa ARA dan DHA
  • Membantu menjaga kesehatan jantung bayi
  • Melindungi tubuh anak dari peradangan

Karena beragam manfaat dan tinggi zat gizi, wajar jika harga minyak ini cukup mahal. Apalagi di Indonesia cukup sulit ditemukan.

  1. Minyak zaitun

Olive oil atau minyak zaitun juga jadi salah satu lemak tambahan yang bisa dicampurkan dalam pembuatan MPASI anak. Minyak zaitun ini mengandung sumber nutrisi dan lemak sehat untuk Si Kecil.

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat menjaga kesehatan dan kerja organ tubuh, seperti pankreas dan jantung. 

Cukup tambahkan 1/4 sendok teh minyak zaitun dalam setiap 2 ons MPASI yang dibuat, jangan sampai lebih ya.

  1. Minyak samin (ghee)

Chee atau lemak padat hasil olahan butter ini memiliki kandungan lemak yang lebih banyak. Ghee ini diperoleh dari memisahkan air dari susu, sehingga akan tersisa lemak saja. 

Penggunaan ghee ini sebaiknya 1-2 sendok teh saja untuk satu porsi MPASI anak. 

  1. Unsalted butter

Lemak tambahan lain untuk bayi adalah unsalted butter. Namun, pembelian dan penyimpanannya cukup susah. Selain itu, harga dari unsalted butter ini juga cukup mahal.

Mentega tanpa garam ini mengandung lemak tak jenuh yang tentu saja bermanfaat untuk bayi. Cocok sekali untuk anak yang berusia di bawah 1 tahun. Sebab, di usia ini, Anda seharusnya tidak diberikan makanan yang mengandung banyak garam.

Jangan menumis atau menggoreng unsalted butter dengan api yang sangat panas. Cukup lumerkan dan campurkan dengan menu MPASI anak.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa jadi pilihan untuk mendapatkan tambahan lemak buat si kecil. Akan tetapi, minyak kelapa yang disarankan adalah jenis virgin coconut oil (VCO). 

VCO ini mengandung asam larut yang tinggi, nantinya akan bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh anak.

  1. Keju

Keju adalah salah satu produk hasil olahan susu. Tentu saja keju juga bisa jadi pilihan sebagai sumber asupan lemak di menu MPASI anak. 

Tapi, Anda perlu memilih keju yang terbuat dari susu yang dipasteurisasi. Menambahkan keju pada menu MPASI anak juga akan menambah rasa gurih sehingga bayi akan lebih suka.

  1. Alpukat

Di usia bayi yang memasuki 6 bulan, Anda juga bisa memberikan alpukat untuk si kecil sebagai menu MPASI. Sebab, kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat memiliki berbagai manfaat.

Lemak ini bermanfaat untuk menyehatkan jantung yang akan baik untuk pertumbuhan anak hingga kesehatannya saat sudah dewasa nanti. Salah satu menu yang bisa dibuat seperti puree alpukat sebagai camilan anak.

  1. Yoghurt

Yogurt juga mengandung tinggi lemak, yang baik untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas. Namun, hindarilah yogurt dengan kandungan rendah lemak jika ingin diberikan pada bayi.

Yogurt tidak hanya sebagai sumber lemak, tapi sebagai prebiotik yang baik dalam menjaga kesehatan pencernaan anak. 

Itulah 8 daftar lemak tambahan yang baik untuk si Kecil. Anda bisa menambahkan minyak canola untuk MPASi, memberikan alpukat, hingga yogurt untuk si buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *