Menu Close

Tips Sebelum Membeli atau Memilih Sepatu Sepeda

Memilih sepatu sepeda yang sesuai tidak semudah dulu. Seperti banyak sepatu atletik, sepatu bersepeda menjadi semakin terspesialisasi. Ada beberapa sistem pedal, dan berbagai jenis bersepeda mulai dari pemintalan, cyclocross, hingga bersepeda jalan raya, gunung, dan triathlon. Pengendara sepeda kasual tidak perlu khawatir untuk membeli sepatu bersepeda tetapi bagi mereka yang bersepeda 3 kali atau lebih per minggu, sistem sepatu dan pedal bersepeda dapat meningkatkan performa Anda.

Pemilihan sepatu sepeda yang tepat mengurangi risiko terjadinya cedera

Sama seperti binding yang menempelkan sepatu ski ke ski, pedal performa bersepeda menempelkan sepatu ke sepeda melalui sistem clip-in. Jenis sistem pedal ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi langkah pedal dengan memungkinkan pengendara sepeda menarik ke atas serta menekan ke bawah selama langkah pedal 360 derajat. Sebagian besar sistem pedal bergerigi sepatu ke pedal saat tekanan diterapkan dan sepatu dilepaskan dari pedal dengan memutar kaki ke luar.

Memilih sepatu bersepeda terbaik bisa menjadi proses yang sulit, dan jika dilakukan dengan tidak benar, itu bisa menjadi usaha yang mahal. Mengingat bahwa salah satu titik kontak utama antara Anda dan sepeda Anda adalah di kaki Anda, pasangan yang salah dapat segera menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit, sedangkan pasangan yang tepat dapat membantu kenyamanan, efisiensi, transfer daya, dan banyak lagi.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa sepatu bersepeda terbaik telah berkembang pesat dalam hal kemajuan teknologi. Pada 1970-an dan 80-an, perusahaan seperti Cinelli dan Look mengembangkan pedal clipless populer pertama, yang memungkinkan sepatu bersepeda untuk menjepit masuk dan keluar dari pedal tanpa memerlukan penjepit kaki yang umum sebelumnya. Hal ini dicapai dengan menggunakan pegas di pedal dan gerigi plastik di sol sepatu, dan ini membantu meningkatkan efisiensi mengayuh dan transfer daya.

  1. Sepatu Bersepeda Jalan/road bike 

Sepatu bersepeda jalan raya dirancang dengan fokus pada ultralight, aerodinamis, dan berventilasi baik. Mereka menawarkan sol paling laku di pasaran, mencapai transfer daya maksimum yang mungkin antara pengendara dan pedal. Setiap pengendara yang mencari keunggulan kinerja tertinggi dalam bersepeda jalan raya pasti ingin mulai berbelanja sepatu bersepeda jalan raya dan pengaturan pedal tanpa klip.

Kelemahan terbesar dari sepatu bersepeda jalan raya adalah sebagian besar tidak dirancang untuk berjalan karena sol plastiknya yang halus dan keras serta gerigi sepatu yang menonjol. Selain itu sol yang kaku tidak memungkinkan sepatu melentur, dan bisa membuat tidak nyaman saat berjalan.

Sepatu bersepeda jalan raya dirancang untuk bekerja dengan pedal tanpa klip, jenis di mana Anda menjepit ke pedal untuk kontak yang solid antara sepatu dan pedal. Nama ini membingungkan karena pedal tanpa klip adalah jenis yang sebenarnya Anda gunakan untuk klip, tetapi asal usul namanya kembali ke hari-hari klip jari kaki. Clipless dimaksudkan untuk membedakan jenis pedal baru ini dari klip kaki standar lama dengan tali pengikat. Saat dijepitkan ke pedal, pengendara mendapat peningkatan input daya karena daya yang ditransfer tidak hanya pada langkah turun, tetapi juga gerakan naik dari pedal.

Saat berbelanja sepatu bersepeda jalan raya, ingatlah bahwa Anda ingin mendasarkan keputusan pembelian akhir Anda pada jenis gaya berkendara yang paling sesuai dengan tujuan Anda. Misalnya, jika Anda seorang pembalap jalanan dan ingin memberi diri Anda setiap keunggulan kompetitif, Anda pasti ingin menelusuri sepatu jalan serat karbon yang menawarkan bobot paling ringan dan sol paling laku di pasaran. Jika berkendara di jalan raya membuat Anda sering berharap naik dan turun sepeda

  1. Sepatu Bersepeda Gunung

Sepatu bersepeda gunung jauh berbeda dari sepatu jalan, tuntutan berkendara di gunung berbeda dari jalan raya. Saat berbelanja sepatu bersepeda gunung, Anda pasti ingin melihat jenis sepeda gunung yang Anda sukai serta gaya berkendara Anda. Sepatu sepeda gunung lintas alam jauh berbeda dari sepatu downhill. Pengendara sepeda gunung memiliki pilihan antara sepatu datar tradisional atau tanpa klip dan gaya berkendara Anda serta pilihan jalur akan menentukan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan berkendara Anda.

Sepatu bersepeda gunung datar tidak memiliki cleat, melainkan sol grippy tradisional. Karet yang digunakan pada sol didesain untuk menempel pada pedal dan memberikan traksi yang maksimal. Manfaat utama dari tidak terjepit adalah kemampuan untuk dengan cepat mengambil dan melepas kaki Anda dari pedal. Ini bisa sangat nyaman saat berkendara di jalan setapak, terutama fitur teknis dan tanjakan yang menanjak. Sepatu datar sangat cocok untuk bersepeda santai dan bersepeda gunung teknis.

Sepatu bersepeda gunung tanpa klip menggunakan sistem gerigi sepatu 2 baut dan gerigi sepatunya tersembunyi di sol sepatu. Hal ini memungkinkan pemakainya untuk berjalan jauh lebih efektif saat turun dari sepeda. Sepatu bersepeda gunung tanpa klip sangat cocok untuk bersepeda lintas alam dan jarak jauh. Mereka juga umum untuk pengendara sepeda jalan yang mencari lebih banyak kenyamanan dan komuter.

Sepatu bersepeda gunung juga memiliki fitur pelindung selain keunggulan sepatu bersepeda jalan raya. Sepatu bersepeda gunung kelas atas akan menampilkan sol yang kaku, bobot yang lebih ringan serta perlindungan pergelangan kaki dan kaki yang diperkuat, sistem pengikat yang canggih, dan teknologi tahan air.

  1. Sepatu Bersepeda Kasual

Sepatu bersepeda kasual memiliki gaya yang mirip dengan sepatu atletik atau sneaker rata-rata Anda. Sepatu bersepeda kasual adalah pilihan yang sangat baik untuk komuter perkotaan, berkuda rekreasi, dan kelas bersepeda berputar dalam ruangan. Mengambil atribut dari sepatu bersepeda dan kasual, sepatu ini menawarkan kompatibilitas tanpa klip dengan 2 baut serta sepatu yang nyaman untuk berjalan. Meskipun tidak sekaku sepatu bersepeda performa, sepatu ini akan memberi Anda efisiensi pedal yang lebih baik serta sepatu yang nyaman dipakai ke pasar atau kafe.

Ukuran Sepatu Bersepeda

Saat membeli sepasang sepatu bersepeda, penting untuk menemukan yang pas. Sebagai perlengkapan performa, sepatu harus pas dengan benar agar pengendara mendapatkan manfaat penuh dari fitur sepatu, serta menghindari cedera. Beli sepatu bersepeda yang pas sejak Anda mencobanya. Sepatu bersepeda kaku dan terbuat dari bahan yang tidak terlalu melar atau pecah. Saat bersepeda, jari-jari kaki Anda akan membengkak karena tenaga dan panas, pastikan sepatu bersepeda Anda memiliki ruang yang cukup agar jari-jari kaki Anda sedikit bergoyang untuk menghindari lecet dan ketidaknyamanan. Sepatu keseluruhan harus terasa nyaman dan alas kaki Anda ditopang dengan baik. Tumit harus dikunci ke dalam tumit sepatu, tanpa ruang untuk bermain. Sepatu sepeda sering diberi label dalam ukuran Eropa, setiap produsen harus memiliki bagan ukuran yang paling baik ditinjau saat memilih ukuran Anda. Anda dapat menemukan bagan ini di sebelah tombol “Deskripsi” pada halaman produk untuk setiap sepatu bersepeda di situs web kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *